medanhelvetia@pemkomedan.go.id -

Berita

Tanaman Pohon Penghijauan: Panggilan untuk Masyarakat Peduli dan Berperan Aktif
Senin, 08 Januari 2024, 10:45:13 WIB
Kategori: Artikel
90 Kali Di Lihat

Share :    




Pohon-pohon penghijauan di kota-kota kita bukan hanya elemen dekoratif yang mempercantik pemandangan, melainkan penjaga keseimbangan ekosistem perkotaan. Namun, seringkali kita melihat perilaku yang merugikan terhadap tanaman penghijauan, seperti membakar sampah di bawah pohon atau menebang pohon secara sembarangan. Artikel ini mengajak masyarakat untuk memahami dan berperan aktif dalam merawat tanaman pohon penghijauan kota.

1. Mengapa Pohon Penting?

Pohon bukan hanya penghias jalanan, melainkan penyerap karbon yang signifikan dan produsen oksigen yang esensial untuk kehidupan. Mereka juga menyediakan tempat berlindung bagi satwa liar, menurunkan suhu udara, dan menambah kesejukan di tengah perkotaan yang sering kali panas. Oleh karena itu, menjaga keberlanjutan dan kesehatan pohon penghijauan menjadi tanggung jawab bersama.

2. Menghindari Pembakaran Sampah di Bawah Pohon

Membakar sampah di bawah pohon bukan hanya merugikan bagi kesehatan tanaman, tetapi juga membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Gas beracun yang dihasilkan dapat merusak tanaman, tanah, dan kualitas udara. Masyarakat perlu mengadopsi perilaku bijak dalam membuang sampah, seperti menggunakan tempat sampah yang telah disediakan.

3. Menjaga Pohon dari Pembabatan Sembarangan

Menebang pohon penghijauan kota tanpa izin atau pertimbangan yang tepat dapat merugikan ekosistem dan memperburuk kondisi lingkungan. Setiap pohon yang ditebang berarti potensi penurunan produksi oksigen dan peningkatan karbon dioksida. Masyarakat dihimbau untuk tidak sembrono dalam membabat pohon, dan sebaiknya melibatkan pihak berwenang dalam keputusan tersebut.

4. Partisipasi Aktif Masyarakat

Peningkatan kesadaran masyarakat terhadap peran penting pohon penghijauan perlu diimbangi dengan tindakan nyata. Program edukasi, kampanye penyadartahuan, dan kegiatan partisipatif dapat membentuk masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Semua ini dapat menciptakan iklim di mana tanaman penghijauan dihargai dan dilindungi.

5. Pemberdayaan Melalui Keterlibatan Komunitas

Program partisipatif yang melibatkan komunitas setempat dalam pemeliharaan dan pelestarian pohon penghijauan dapat memperkuat keterikatan warga dengan lingkungan sekitar. Melalui kegiatan seperti penanaman bersama atau program pemeliharaan pohon, masyarakat dapat merasakan dampak positif langsung dari kehadiran pohon di lingkungan mereka.

Dengan memahami betapa pentingnya peran pohon penghijauan kota, serta dengan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga dan merawatnya, kita dapat menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih sehat dan berkelanjutan. Selamatkan pohon, dan pohon akan menyelamatkan kita. (Ldf)

Berita Sering Dibaca

Selasa, 31 Mei 2022, 10:46:35 WIB | |   1062
Rabu, 04 Maret 2020, 10:59:58 WIB | Tata Pemerintahan |   1062
Selasa, 19 Oktober 2021, 11:33:24 WIB | Tata Pemerintahan |   1047
Kamis, 02 April 2020, 09:04:47 WIB | Kesejahteraan Sosial |   985
Selasa, 31 Mei 2022, 08:44:45 WIB | |   923


logo-medan
Pemerintah Kota Medan
Kecamatan Medan Helvetia

Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Bagi Masyarakat, Agar Tercapai Tujuan Bangsa.

Hubungi Kami

  • Phone :
    -
  • Email :
    medanhelvetia@pemkomedan.go.id
Lokasi Kami

Alamat : Jl. Beringin X Nomor : 2 Helvetia

Follow us
Statistik Pengunjung